Selasa, 23 Oktober 2012

Rencana Keuangan Sederhana Buat Kamu

Rencana keuangan sederhana buat kamu dapat membawa kebahagiaan di masa depan nanti. Ketika kita memperoleh uang, baik berasal dari pemberian seseorang maupun penghasilan dari upah kerja kita kita akan mempunya beberapa pilihan untuk diputuskan : Apakah uang tersebut akan ditabung di bank, disimpan di rumah, digunakan untuk membayar uang sekolah, modal usaha, membeli saham, diatur oleh fund manager, dibelikan mobil / rumah, dsb.

Prinsip dasar dari rencana keuangan adalah uang adalah barang bisa menurun harganya karena digerogoti inflasi. nah oleh karena itu, tempo rencana keuangan ( jangka pendek, menengah atau panjang ) perlu memperhatikan faktor inflasi tersebut.

Salah satu contoh rencana keuangan adalah ketika kita ingin membeli rumah ( Jangka panjang ) jika uang belum cukup maka kita perlu mencicil, misalnya melalui tabungan berjangka, tabungan rencana mandiri, atau membeli saham perusahaan mapan. Sama halnya dengan rencana dana pendidikan anak, banyak bank - bank yang telah mengeluarkan produk - produk rencana dana pendidikan. Jika sudah memiliki dana yang cukup bahkan lebih, namun ingin memperoleh penghasilan tetap tiap bulan dari bunganya bisa menggunakan obligasi seperti Obligasi Ritel Indonesia. Dan masih banyak lagi ilustrasi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendapat anda ?