Minggu, 29 April 2012

MMT Batch 2 GroupM : Tentang GroupM

Sahabat MMT Batch 2 GroupM, kalau di post sebelumnya , kita sudah share tentang step by step rekrutment kita bisa diterima di GroupM Indonesia. Sekarang kita mau menceritakan sedikit tentang GroupM itu sendiri. Banyak di antara kita yang tadinya tidak tahu apa - apa tentang GroupM. Perusahaan apa ya itu? Bergerak di bidang apa bisnisnya? Pokoknya intinya pasti banyak dari antara kita yang belum pernah dengar tentang perusahaan yang satu ini sebelumnya, padahal produk output dari perusahaan ini sangat dekat dengan kehidupan kita sehari - hari lhooo *melotot* ...Hmmm...Okeee...di post kali ini, kita akan share sedikit tentang GroupM , khususnya GroupM Indonesia (apa pula maksudnya ini? memangnya GroupM ada di negara - negara lain?? Let's see...)


??????? Perusahaan apa yaa????


GroupM adalah salah satu dari WPP Companies (apa lagi tu WPP??). WPP adalah perusahaan global terbesar (dari segi billings dan revenue)  yang bergerak di bidang komunikasi marketing seperti: advertising, media investment management, consumer insight, public relations & public affairs, branding & identity, healthcare communications, direct, digital, promotion & relationship marketing, dan specialist communications. WPP memiliki kantor pusat di London, Inggris dan terdaftar di bursa saham London dan Amerika Serikat. (LSE dan NASDAQ). 

Nah, GroupM bersama perusahaan - perusahaan ini merupakan bagian dari keluarga besar WPP companies. 

GroupM yang berkantor pusat di New York, Amerika ini memiliki 400 kantor cabang di 81 negara yang tersebar di wilayah regional Asia Pacific; Europe, Middle East, and Africa; North America. GroupM Indonesia sendiri merupakan salah satu dari kantor cabang GroupM yang terletak di kawasan Asia Pasifik.

GroupM Indonesia membawahi beberapa agency advertising yang tugas utamanya melakukan media planning dan investment bagi para klien yang ingin menggunakan jasa mereka. GroupM Indonesia membawahi 4 agency: Mindshare, Maxus, MEC, dan Mediacom. Selain itu, ada juga esp (event and sport partnership) dan Interaction Indonesia, yang khusus menangani campaign dengan menggunakan platform digital, juga merupakan bagian dari GroupM Indonesia. 

Lalu apa ya yang dilakukan agensi - agensi di groupm ituu? Apa  maksudnya media planning and investment??


Okeee,,,,,pernah tahu yang namanya iklan kan? baik iklan di tv, radio, billboard di jalan raya, atau bahkan di website internet? Pernah terpikir engga , kenapa iklan - iklan itu ada di situ? kenapa engga ditaruh di depan komplek rumah gw aja biar gw bisa langsung ihat atau kenapa engga ditaruh di dekat pasar aja, kenapa harus di tv atau di internet?? Pernah terpikir hal seperti itu enggaa? atau mungkin kalian ada yang bertanya - tanya kenapa ada iklan yang hanya adanya di suatu majalah tertentu atau di progam - progam tv tertentu? Kenapa di majalah lainnya engga ada? Apakah suka - suka begitu naruhnya? Atau kalian mungkin bertanya -tanya kok ada suatu brand yang iklanya sampai 2 atau bahkan 3 buah iklan yang ditayangkan? Kenapa itu produsen engga buat satu aja , biar hemat? Hmmmm....

YAP! kalau ada dari antara kalian yang pernah bertanya hal - hal seperti di atas? Wah, selamat! sobat MMT Batch 2 GroupM, Kalian punya bakat untuk masuk GroupM! *hehehe promosi*. Soalnya, PLACEMENT / Penempatan iklan itu adalah salah satu yang menjadi concern utama dalam media planning and investment, yaitu bagaimana caranya iklan yang udah dibuat cape - cape dengan biaya yang tidak murah itu bisa dilihat oleh orang - orang yang menjadi target konsumen sebuah brand....Nah, nanti dipilih deh tu mau ditaruh dimana iklannya ,,,,Apa di tv, radio, billboard, atau internet? Atau mau ditaruh di semua medium itu? Bisa juga! Kalau uang kliennya mencukupi hehehe,,,,,tapi tentunya engga asal taro lho, harus ada alasan...Kenapa mau ditaruh disitu,,,,Nah, nanti ada analisisnya ketika mau melakukan placement sebuah iklan.

Setelah itu proses selanjutnya melakukan yang namanya media buying deh, yang dilakukan oleh media investment. Nah, media investment itu yang akan ketemu dengan orang - orang dari media vendor ( seperti stasiun tv, publisher majalah atau surat kabar, orang radio,dll) untuk melakukan media buying, yaitu membeli spot untuk menempatkan iklan. Contohnya, kalau untuk penempatan di televisi , orang investment akan membeli spot untuk iklan di suatu progam acara tertentu yang ada di suatu stasiun TV. Nah, biasanya orang - orang investment adalah orang - orang yang jago nego tu,,,,hehehe,,,,

Karena bisnis GroupM itu di media industri , makanya dunia kerjanya dinamis banget,,,,Kita pasti banget tu ketemu dengan orang - orang yang berbeda tiap harinya, dari media vendor , klien , media expert/ specialist sampai mungkin juga public figure lho! hehehe,,,,Nah, namanya juga dunia media maka yang namanya ide, kreativitas, dan sesuatu yang dinamis udah lekat banget kan....

Kami di sini MMT Batch 2 GroupM masih dalam tahap pembelajaran , apalagi banyak di antara kami dunia media bisa dibilang dunia yang sangat baru. Masih ijo banget dehh,,,Nah, blog ini akan menceritakan sedikit tentang keseharian kami sebagai MMT Batch 2 GroupM ....Hal - hal apa aja yang kami dapat selama belajar, keseruan apa aja yang terjadi....kami akan share! ;) Oh ya, btw GroupM Indonesia punya 5 nilai yang mereka anut lho, yaitu: 

| WE ARE PIONEERS | RESPECT INDIVIDUALITY | LIFE SHOULD BE FUN | FOCUSED ON EXCELLENT | THE POWER OF ONE | 

....and YAPP! We're getting to feel them too! :) 


Mau lihat penampakan anak - anak MMT Batch 2 GroupM ? Ini diaaaa....:D 


*cheerrrssssss*

more info about groupm and wpp please check: group.com ; wpp.com


(MMT Batch 2 GroupM for GroupM Interaction Indonesia).












3 komentar:

  1. Mas, boleh minta nomor kontaknya Group M.
    Kami dari Binus ingin mengajak GroupM berpartisipasi dalam acara terbesar tahunan di Binus, the 2013 Asian English Olympics

    BalasHapus
  2. kontak aja ke 29227300

    BalasHapus

Pendapat anda ?