Rabu, 02 Mei 2012

MMT Batch 2 GroupM : Lihat Gaji Profesional TI di Indonesia


Larismedia dari MMT Batch 2 GroupM baru saja mendapatkan info menarik yang berhubungan dengan teknologi informasi di Indonesia. Apakah itu?

Walaupun GroupM bergerak di industry media, tapi bukan berarti tidak berhubungan sama sekali dengan TI. Buktinya, justru banyak pekerjaan – pekerjaan di sini yang membutuhkan dukungan infrastruktur TI yang mumpuni seperti ketersediaan jaringan komunikasi dan internet yang super beserta alat – alat pendukungnya sampai dengan software – software yang digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan atau menjalankan kegiatan sehari – hari. Semua itu membutuhkan dukungan TI yang hebat.

Namun post kali ini , kami tidak akan membahas mengenai infrastruktur TI yang njelimet itu, tapi mari kita bahas sesuatu yang ringan tapi semua ingin tahu: Gaji rata - rata tahunan pekerja TI di Indonesia!!! Hehehe…



Ada sebuah situs teknologi di kawasan Asia ( ZDNet ) yang melakukan sebuah survey online mengenai besaran gaji yang diterima para pekerja teknologi informasi selama setahun. Survei ini dilakukan dari Maret 2011 sampai dengan Maret 2012 kepada professional TI di tujuh negara Asia. Indonesia menjadi salah satu negara yang disurvei.

945 responden dari berbagai jenis fungsi pekerjaan dan keterampilan TI dilibatkan dalam survey ini, 78 diantaranya berasal dari Indonesia. Dari jumlah 78 itu, 37 responden berpengalaman di bidang TI kurang dari 5 tahun, 30 responden berpengalaman 5 s/d 10 tahun, dan 11 orang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun.

Berikut table lengkap hasil survey gaji rata – rata tahunan pekerja TI di Indonesia


Tabel I. Gaji Rata – Rata Tahunan Pekerja TI di Indonesia berdasarkan keterampilan TI dan tahun pengalaman (IDR)


Tabel II. Gaji Rata – Rata Tahunan Pekerja TI berdasarkan Fungsi Pekerjaan dan Tahun Pengalaman Kerja (IDR)
Tabel III. Gaji Rata – Rata Tahunan Berdasarkan 10 keterampilan TI yang paling diminati (IDR)
Tabel IV. Gaji Rata – Rata Tahunan Berdasarkan Fungsi Pekerjaan dan Sector Industry (IDR)

Dari data di atas terlihat bahwa pekerja manajemen TI di sector hukum dan finance bergaji tahunan paling besar yaitu rata – rata sebesar Rp 250,000,000. Gaji tahunan ini mengalahkan gaji sesama rekan TI yang bekerja di sector lain.

Sayangnya, hasil survey ini tidak menyertakan alasan kenapa gaji rata – rata tahunan professional TI yang berpengalaman lebih dari 10 tahun dengan keterampilan enterprise applications dan database management, justru lebih kecil dari mereka yang berpengalaman dari 5 s/d 10 tahun (lihat table I). 

Bagaimanapun juga survey ini mesti dikaji lebih dalam lagi mengingat responden yang diikutsertakan dari Indonesia hanya berjumlah 78 orang, dengan hanya 10 orang yang memiliki pengalaman kerja lebih dari 10 tahun yang ikut disurvei. /(MMT Batch 2 GroupM for GroupM Interaction Indonesia).





Source: ZDNet 







1 komentar:

  1. Wowww,, nominalnya amazing... presiden kalah kynya....

    BalasHapus

Pendapat anda ?