Sabtu, 05 Mei 2012

MMT Batch 2 GroupM : Menanti Runtuhnya Dominasi Lionel Messi di Mindset Media dan Ballon D’Or. Siapa Paling Layak Mengkudeta??


Sekitar enam tahun belakangan ini, persepakbolaan dunia dikejutkan oleh sosok pemain fenomenal asal Rosario, Argentina, Lionel Andres Messi. Betapa tidak, di usianya yang relatif muda, pemain ini sudah menorehkan banyak tinta emas di jagad sepakbola dunia yang membuat banyak mata terbelalak. Sejumlah rekor dan gelar di Eropa pernah diraihnya. Pemain Barcelona bertinggi 169 cm ini telah tiga kali berturut-turut menjadi pemain terbaik dunia yaitu pada 2009, 2010, dan 2011.
Pemain yang selalu dielu-elukan media eropa terutama di media Spanyol ini pun sontak menjadi idola dunia. Bahkan majalah ternama Amerika, Time, sempat menempatkan Lionel Messi sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia, bersaing ketat dengan presiden AS Barrack Obama.
                                                             sumber : image.timeinc.net
Seiring berjalannya musim, karir Messi bersama timnya FC Barcelona bisa dibilang kurang mulus untuk musim 2011/2012 ini. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh gagalnya ia bersama Barcelona untuk meraih gelar bergengsi Champion eropa dan liga spanyol ( la liga ) ditambah dengan belum berhasilnya ia membawa timnas Argentina meraih gelar juara continental maupun dunia. Tentu bagi pemerhati liga champion eropa kita masih masih ingat bagaimana Barcelona gagal menang atas Chelsea di partai semifinal dimana salah satu insidennya adalah kegagalan messi mengeksekusi penalti yang berujung tidak lolosnya El Barca ke partai final ajang bergengsi tersebut, yang bahkan sebelumnya el barca dipecundangi El Real dalam duel sengit El Classico. Salah satu insiden lainnya yang terekam media saat Bercelona ditaklukkan Chelsea adalah dimana setelah gol Torres, messi tampak tertunduk dan menangis seraya menutupi wajahnya dengan kausnya.
                                          sumber : data.tribunnews.com & media.vivanews.com
Messi yang tahun lalu menjadi pemain terbaik dunia versi majalah World Soccer dan Ballon D’Or kini mulai dipertimbangkan bahkan diragukan untuk mempertahankan gelarnya tersebut. Beberapa media cetak global maupun sosial sangat memungkinkan untuk menggeser Messi dalam mindset mereka dalam memilih pemain terbaik dunia musim 2011/2012 ini.
Kita tentu ingat akan gelar Ballon d’Or yang diberikan kepada Messi pada musim 2009/2010 dimana pemberian gelar itu cukup kontroversial karena jika saja sistem voting untuk pemilihan pemenang Ballon d'Or tak berubah di antara tahun 2009 dan 2010, maka trofi prestisius itu sejatinya akan jatuh ke tangan Sneijder dan bukannya Messi. Trofi Ballon d'Or yang dulu diselenggarakan oleh majalah France Football dan pemilihan pemenangnya dilakukan oleh para jurnalis, maka sejak berasimilasi dengan FIFA, sistem pemilihan diganti dengan voting yang melibatkan pelatih dan kapten timnas dari 208 negara di bawah naungan FIFA. Tidak menutup kemungkinan pengakses media media eropa dan dunia dan pelatih yang melakukan vote untuk pemain terbaik dunia akan menyuarakan pemain lain seperti Ronaldo, Arjen Robben, atau mungkin Iniesta sebagai kandidat pengkudeta messi juga dalam Ballon d’Or.
Dengan jatuhnya Barca musim ini, kemungkinan besar pilihan media untuk cetak maupun sosial dalam penentuan gelar pesepakbola terbaik dunia akan beralih ke lain hati. Hal ini dikuatkan pula oleh keunggulan Cristiano Ronaldo dari sisi media social Facebook dan Twitter yang unggul jauh atas Messi dari sisi Fans fanatik dan Follower menurut data statistic Zoomsphere.
Larismedia MMT Batch 2 GroupM memprediksi Ronaldo yang kemuingkinan besar akan mengkudeta Lionel Messi Musim ini, kendati Madrid hanya memenangi La Liga saja dan masih bersaing untuk gelar El Pichichi dengan Messi. (MMT Batch 2 GroupM for GroupM Interaction Indonesia).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendapat anda ?