Minggu, 06 Mei 2012

MMT Batch 2 GroupM : Backpacker to Bali

Mendengar kata backpacker  pastinya terbesit di pikiran kita adalah perjalanan yang semurah mungkin dan simple tapi butuh keberanian untuk dilakukan. Fakta mengenai backpacker menurut google trends yang disearch oleh larismedia dari MMT Bacth 2 GroupM di Indonesia setahun terakhir ini menunjukan bahwa Bali masih merupakan tempat yang paling banyak di cari di Search Engine Google. Biasanya backpacking mengalamai peningkatan saat libur sekolah atau masa libur perkuliahan.
Anak larismedia dari MMT Batch 2 GroupM mendapatkan data tentang trend backpacking tersebut, dan yang lebih mengherankan lagi adalah hampir 100% backpacker menginginkan travelling ke Bali. 




Oleh karena itu post kali ini akan membahas mengenai petualangan backpacking seorang anak MMT Batch 2 GroupM ke Bali, karena banyaknya permintaan dari pengguna digital dalam search engine google. Semoga bermanfaat.


Persiapan


Pertama yang harus disiapkan dalam perjalanan menjadi seorang backpacker adalah pakaian dan uang yang cukup. Ingat untuk berpenampilan sesederhana mungkin saat baru berangkat agar tidak menjadi sasaran empuk para pencuri atau copet. Kalau sudah sampai di tempat tujuan , baru deh bisa agak bergaya sedikit…tapi jangan berlebihan juga yaa…repot nanti…hehehe:D

Backpacking itu ada 2 yaitu yang terencana dan tidak terencana. Usahakan yg tidak terencana aja karena kalau direncanakan biasanya suka malah engga jadi..hehehe. Yang paling perlu dingat sebaiknya pergi bersama teman yang memang suka backpacking juga dan dalam jumlah yang tidak banyak agar tidak terjadi perdebatan selama dalam perjalanan (karena banyak kepala, banyak maunya juga entar..)



Journey to Bali

Untuk mendapatkan perjalanan ke bali yang semurah mungkin sebaiknya menggunakan moda transportasi kereta ekonomi. Perjalanan kita mulai dari Jakarta kota dengan harga tiket rata-rata Rp 35.000,. (harga normal). Tapi biasanya disana banyak calo yang menyediakan tiket dengan harga Rp 50.000,., ya hitung-hitung sodakoh aja (hehehehe). Biasanya kereta berangkat pukul 14:00 untuk tujuan stasiun Surabaya Gubeng. Kira-kira jam 5 subuh kereta sudah sampai di stasiun Surabaya Gubeng. Jadi, kita bisa shalat dan istirahat dulu sambil menunggu kereta ke banyuwangi datang.
Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke Banyuwangi dengan menggunakan kereta bisnis (karena engga ada kereta ekonominya,,hehehe…) harganya sekitar Rp 60.000,. sampai Rp 65.000,. Pssssttt, bagi yang mau kenalan sama bule - bule, disini lumayan banyak bule yang keren – keren juga lhoo (terutama bagi cewek – cewek yah..hehehe). Kemudian kita akan sampai sekitar jam 5 sore (17:00), lalu kita naik bis dan menyeberangi selat Bali sampai ke terminal ubud, biasanya banyak mobil (bis) yang disewakan untuk bule-bule (tujuan Banyuwangi - Bali). Nah, temen - temen bisa naik itu aja kesana,  ongkir - nya cuma Rp 50.000,.aja kok.


Sesampainya di terminal ubud, berarti kita dah di BALI deh,,,*horeeeee!!*. Kalau sudah sampai sini ya terserah kalian aja mau kemana. Tapi biasanya banyak backpacker yang langsung cari kosan atau hotel dulu di daerah bali (yang murah aja per malamnya Rp 50.000,.). Biasanya kita bisa minta anterin sama tukang ojeg di Ubud supaya dapat hotel yang murah (perlu diingat juga biasanya kalau masa – masa liburan tempat yang murah-murah sudah pada penuh). 


Sebaiknya tinggal di hotel satu atau 2 hari aja, lalu kalian cari info – info tentang kosan yang murah kalau kalian mau tinggal lebih lama. Menurut pengalaman, biasanya 1 bulan dihargai 300-500 ribu, tawar aja kalau mau nginap buat 1 atau 2 minggu.
Tapi kalau kalian mau lebih murah lagi, ya cari teman aja yang tinggal disana ,,,dijamin tempat tidur dan transport selama di Bali gretooooong….hehehe



Berikut nih gambaran kocek yang harus dikeluarkan selama 3 hari di Bali (belum termasuk makan atau beli oleh - oleh yaa ... hehehe): 
o Transportasi ( Rp 50.000 + Rp 60.000 + Rp 50.000 + Rp 50.000 untuk ojeg) untuk bolak balik dikali 2 ajaa….
o   Penginapan (Rp 50.000/malem) kali tiga aja
o   Sewa motor 50.000 per hari
o   Yang suka surfing bisa sewa papan surfing seharga paling Rp 30,000,. per jam (tips sesat: pura-pura lupa aja kalau abis waktunya biasanya dibiarin aja tuh ama abangnya,,huehehe)

Posting ini masih berlanjut yah...karena kita belum membahas tempat-tempat yang wajib dikunjungi selama di Bali,,,So, tetap kunjungi larismedia untuk update selanjutnya:) 
(MMT Batch 2 GroupM for GroupM Interaction Indonesia).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendapat anda ?